Survei SNLIK OJK: Tingkat Literasi Keuangan di Kota Malang Lebih Tinggi dari Nasional

Data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) dari OJK pada tahun 2022 lalu mencatat bahwa angka literasi keuangan di kota Malang menempuh 69,43 persen, lebih tinggi dari angka literasi keuangan nasional yang sebesar 49,68 persen.

Sementara itu, tingkat inklusi keuangan di kawasan hal yang demikian bahkan menempuh 90,67 persen, melampaui angka nasional sebesar 85,10 persen.

Masyarakat kota Malang kian melek atas berita dan perkembangan dunia keuangan, sehingga mereka memiliki keperluan yang tinggi akan solusi keuangan yang bisa memberikan perlindungan dan stabilitas masa depan. Maka, Malang sudah menjadi salah satu pasar yang sungguh-sungguh besar bagi kami dan pembukaan KPM baru ini menjadi satu langkah dalam memperkuat posisi Sun Life untuk menjangkau dan memenuhi keperluan masyarakat di kota Malang,” kata Chief Agency Officer Sun Life Indonesia Medya Agus dikutip Selasa (4/6/2024).

Sun Life Indonesia memperkokoh demo spaceman komitmennya dalam meningkatkan penetrasi pasar asuransi di Jawa Timur dengan mengesahkan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) terbarunya, yakni KPM Malang WOW.

Berlokasi di Jalan Raya Sawojajar Ruko WOW Blok AP-2 Nomor 3, Kedung Kandang, Malang, perluasan jangkauan ini menjadi langkah strategis bagi Sun Life untuk memberikan kemudahan akses dan layanan asuransi bagi kekuatan pemasar serta nasabah di salah satu kota yang memiliki tingkat literasi keuangan lebih tinggi dibanding rata-rata nasional.

Penambahan KPM Malang WOW diinginkan bisa memperkuat pemahaman dan pemanfaatan jasa keuangan di tengah masyarakat yang berkembang cepat. Medya juga menambahkan, bahwa Sun Life masih terus berkomitmen untuk memperluas jangkauan layanan asuransi ke seluruh lapisan masyarakat, dengan menawarkan solusi keuangan dan perlindungan yang holistik.

“Kami merancang KPM Malang WOW dengan fasilitas yang memadai, termasuk ruang training, pantry, area meeting, dan diskusi. Dari fasilitas yang sudah disediakan, kami berkeinginan KPM baru ini bisa menjadi daerah yang tepat bagi kekuatan pemasar dan nasabah untuk merencanakan keuangan mereka dengan lebih nyaman. Kami optimis untuk terus membantu masyarakat menempuh kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan, serta kian menunjang inklusi dan literasi keuangan di kota Malang dan sekitarnya,” ujar Wirasto Koesdiantoro, Pendiri KPM Malang WOW.

“Energi pemasar memiliki peran penting dalam taktik bisnis kami yang mengadopsi pelbagai saluran distribusi. Lewat inovasi produk, program, dan layanan, Sun Life bertekad untuk menjadi mitra terpercaya bagi jutaan keluarga Indonesia dalam merencanakan masa depan yang lebih cerah,” tutup Agus.

OJK Ucap Skema Student Loan Perlu Kajian Matang

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, produk keuangan belum tentu pantas untuk seluruh orang termasuk student loan atau skema pinjaman biaya pendidikan bunga rendah untuk mahasiswa atau student loan. Student loan hal yang demikian dinilai menjadi salah salah satu alternatif untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Tiap itu disajikan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin (27/5/2024).

“Misalnya produk keuangan itu tidak tentu pantas untuk seluruh orang, termasuk seperti student loan ini menjadi satu alternatif saja yang bisa dipilih oleh mahasiswa terpenting mahasiswa S1,” ujar perempuan yang akrab disapa Kiki itu.

Kiki mengevaluasi, skema student loan memerlukan kajian yang matang oleh pelbagai pihak, termasuk pihak perbankan, jika hendak menjadikan skema hal yang demikian dengan tetap memastikan tujuan utama yakni membantu mahasiswa sampai lulus kuliah.

“Misalnya, term and condition-nya dipermudah. Misalnya, nanti jika membayar bisa sesudah ia berprofesi dan lain-lain. Jadi term and condition-nya bisa dibahas untuk seluruh pihak bisa dengan win-win solution,” kata Kiki.

Tetapi itu, jika pemerintah memiliki skema lain yang memungkinkan biaya UKT sungguh-sungguh relatif murah, langkah ini dinilai Kiki juga lebih bagus. , kata Kiki, langkah ini tentu tidak gampang sehingga produk jasa keuangan untuk mahasiswa bisa menjadi jembatan.