Pembelajaran Yang Bisa Diambil Dalam Bermain Musik

Bermusik merupakan salah satu kegemaran banyak orang. Tak jarang orang mendengarkan musik bahkan bernyanyi setiap saat. Tentunya, profesi musisi pun menjadi dambaan. Sayangnya, banyak juga orang berpikir, untuk menjadi musisi butuh sekolah atau kursus dengan biaya yang fantastis.

Namun hal itu kini bukan hambatan lagi. Belajar menjadi seorang musisi dapat dilatih secara sendiri atau otodidak. Penasaran servethiswiththat.com bagaimana cara menjadi musisi secara otodidak? Yuk simak tipsnya di sini.

1. Awal pembelajaran, usahakan untuk fokus pada satu alat musik dahulu

Langkah awal belajar bermusik, usahakan untuk fokus belajar menggunakan satu alat musik. Hal itu agar pembelajaran dapat terfokus dan lebih cepat menguasainya.

Jika mempelajari banyak alat musik secara bersamaan, dikhawatirkan fokus akan terpecah. Maka dari itu, disarankan lebih baik mempelajari alat musik satu per satu secara bertahap.

2. Belajar dari situs kursus musik gratis

Internet kini banyak membantu dalam segala hal. Termasuk mencari situs kursus musik secara gratis. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk melatih kreatifitas bermusik. Sekaligus, menambah wawasan dan kemampuan untuk bermain musik.

Biaya kursus musik memang tergolong sangat mahal. Namun saat ini banyak situs kursus bermusik secara gratis yang dapat membantu pembelajaran. Salah satunya situs StudyBass untuk mempelajari cara bermain bass.

3. Kuncinya adalah sabar

Dalam mempelajari musik tentu butuh proses dan ketekunan lebih. Karena bermain musik bukan seperti memasak mie instan. Kesabaran dalam hal ini sangat perlu dan wajib diterapkan.

Biasanya, belajar bermusik dimulai dari dasar-dasar terlebih dahulu. Hal itu harus dilakukan dengan tekun sampai pandai sehingga dapat naik ke level selanjutnya.

Tidak perlu kesal atau ragu jika proses pembelajaran dianggap terlalu lambat. Jika masih dalam proses dan jalur yang benar, maka jangan menyerah dan terus giat menjalaninya.

4. Minta bantuan teman

Cara ini dianggap paling mudah dilakukan. Bertemu dan meminta tolong kepada teman yang bisa bermain musik dapat membuat suasana belajar jadi lebih baik. Jangan sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan kepada teman. Sharing pengetahuan dan permasalahan dapat membuat pembelajaran terasa lebih ringan.

Bagi sesama penikmat musik, biasanya akan sangat membuka diri untuk saling membantu.

5. Mengatur waktu untuk belajar

Sempatkan waktu untuk belajar bermain musik. Belajar otodidak bukan seperti kursus yang memiliki jam tertentu. Jika tetap ingin konsisten belajar otodidak maka dapat menyiapkan waktunya sendiri.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Sekolah Alam dan Manfaatnya untuk Anak

Terkadang juga banyak orang bosan karena tidak merasakan adanya kemajuan. Setelah itu mereka biasanya tak melanjutkan pembelajaran musik mereka. Namun hal itu harus dihindari. Usahakan kita dapat memilih waktu yang tepat dan tetap konsisten menjalaninya.

6. Belajar membuat lagu sendiri

Tahap ini bisa dilakukan untuk melatih kreatifitas dalam mempelajari musik. Mulailah mengarang kata-kata lalu menuliskannya di selembar kertas. Pada tahap ini, kita juga bisa langsung menentukan nada sambil menerka-nerka. Hal ini diperlukan, karena biasanya dapat memacu semangat belajar lagi.

Meski belum dapat bernyanyi sambil memainkan alat musik dengan lancar, setidaknya rasa percaya diri dan semangat untuk belajar musik terpacu lagi.

7. Minta tanggapan keluarga atau teman

Setelah menyisihkan waktu untuk belajar musik, mulailah menampilkannya di depan keluarga atau teman. Hal itu guna meminta pendapat mereka. Bukan hanya itu saja, pada momen ini juga kita dapat mengetahui kemampuan bermain musik setelah sekian lama mempelajarinya. Evaluasi diri ini sangat perlu untuk patokan pembelajaran selanjutnya ke depan.