Pembangkit Tak Hanya Jaga Pasokan Listrik, tetapi Sejahterakan Warga Sekitar

PT PLN Indonesia Power berkomitmen memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitar area pembangkit, dengan menjalankan sejumlah program berkelanjutan yang sudah rupanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra mengatakan, kehadiran fasilitas pembangkit PLN Indonesia Power tidak hanya memberikan jaminan keandalan pasokan listrik saja, tetapin juga membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

“PLN IP hadir untuk berkontribusi kongkret terhadap judi bola bangsa, baik dari sisi pemenuhan keperluan listrik maupun kesejahteraan masyarakat,” kata Edwin.

Berdasarkan Edwin, PLN Indonesia Power sudah menjalankan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di antaranya yaitu Menyusur Mangrove Berdayakan Masyarakat dan Alam Raya ( MENYAMA BRAYA) dan Ketahanan Pangan Keluarga Usir Stunting (KETAPANG KUNING).

“Kedua program tersebut sudah rupanya menolong meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan Ekonomi,” tutur Edwin.

Atas kontribusi PLN Indonesia Power dalam membangun lingkungan sekitar pembangkit perseroan malahan dianugrahi beraneka penghargaan dalam gelanggang CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024.

“Penghargaan ini sepantasnya tidak membuat kita puas dan berbangga dengan semua pencapaian yang kita terima, hal ini wajib memberikan semangat untuk lebih baik lagi dalam berkarya,” ungkap Edwin.

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin mengapresiasi dukungan dan kerjasama perusahaan dalam memberikan kontribusinya terhadap masyarakat selama ini.

“Khusus pasca dilegalkannya UU Cipta Karya yang menyokong tumbuhnya BUM Desa untuk memiliki badan aturan sehingga sanggup mengelola sumber-sumber pemasukan desa dengan lebih baik, dibarengi dengan pendampingan dan bantuan CSR secara profesional sehingga perekonomian desa bisa melesat lebih kencang lagi.” ungkap Ma’ruf Amin.

PLN Operasikan Transmisi Baru SUTET 275 KV Muara Enim-Gumawang
PT PLN (Persero) resmi mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang yang didukung dengan dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) untuk mengoptimalisasikan pasokan aliran listrik ke masyarakat dan memperkuat keandalan listrik di Sumatra Selatan dan Lampung.

Khusus, dalam pengerjaan pembangunannya PLN mengedepankan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang menempuh 90,92 persen untuk SUTET dan 70 persen untuk GITET.

Melewati Unit Induk Pembangunan Sumatra Komponen Selatan (UIP SBS), PLN sudah menjalankan penyalaan pertama/ energize SUTET 275 kV yang menghubungkan antara Muara Enim – Gumawang pada Senin, 7 Mei 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan terus menyokong pembangunan Tol Listrik Sumatra yang yaitu salah satu proyek strategis nasional. Pembangunan infrastruktur ini menjadi bukti PLN bersama Pemerintah terus berupaya memberikan suplai listrik yang andal dan cukup untuk semua masyarakat di tanah air.

“PLN akan terus berinovasi dan berjuang di garis terdepan untuk menghadirkan kekuatan listrik yang bermutu, andal dan berwawasan lingkungan. Sebagai salah satu keperluan dasar masyarakat, kami ingin listrik ikut menyokong geliat ekonomi di masyarakat dan para pelaku industri dalam negeri,” tutur Darmawa seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (10/5/2024).

Darmawan mengatakan, pengoperasian SUTET dan GITET berkapasitas 275 kV tersebut tersebut akan menjadi backbone kelistrikan di Sumatra Selatan dan Lampung. Dengan ini pihaknya yakin kapasitas yang ada akan sanggup memenuhi tiap keperluan masyarakat.

“Pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan tersebut dijalankan dengan aman dan andal. Kami ingin listrik di Sumatra ke depannya akan kian andal,” imbuh Darmawan.

Pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang juga didukung oleh dua infastruktur penopang berupa GITET 275 kV Muara Enim dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 Mega Volt Ampere (MVA).