Kiat Meninggalkan Rumah konsisten Aman saat Mudik Lebaran

Selama ditinggal mudik, rumah biasanya kosong. Agar aman dan selamat, ada baiknya Anda mengetahui tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Di Indonesia, Lebaran identik dengan mudik. Mudik biasa dijalankan masyarakat Indonesia sebelum atau sesudah hari raya Lebaran. Selama ditinggal mudik, rumah biasanya kosong.

Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda mengetahui tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran supaya keamanan rumah slot online 777 lebih terjamin. Untuk itu, simak sebagian tips meninggalkan rumah saat mudik yang perlu diamati:

Kunci Rapat Pintu dan Jendela.
Kiat mudik pertama saat hendak meninggalkan rumah saat mudik merupakan dengan mengunci rapat segala pintu dan jendela. Tidak lupa pula tutup gorden yang ada di dalam rumah, termasuk pintu lemari. Anda juga bisa menerapkan gorden tebal yang tidak tembus pandang supaya barang dalam rumah tidak menonjol dari luar. ini tentu juga menjadi cara pencegahan kepada sesuatu yang tidak diharapkan.

Cabut Aliran Listrik
Dikala mudik, tidak jarang orang lupa untuk mencabut segala aliran listrik yang ada di rumah. Ini tentunya membahayakan sebab bisa saja terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran. Karenanya dari itu, sebelum berangkat mudik pastikan Anda telah melepaskan segala colokan alat elektronik layar kaca, komputer, mesin cuci, kipas angin sampai kulkas. Anda juga bisa mencabut segala stop kontak untuk mencegah terjadinya korsleting.

Lepas Regulator Gas
Kiat meninggalkan rumah saat mudik lebaran berikutnya merupakan lepas regulator gas. Tidak hanya mencabut segala aliran listrik, Anda juga direkomendasikan untuk melepas regulator gas. Sebelum mudik, pastikan Anda telah mencabut regulator gas dengan benar supaya tidak terjadi kebocoran yang bisa menyebabkan kebakaran.

Mematikan Saluran Air
Padahal terkesan sepele, tetapi banyak orang yang lupa mematikan saluran air saat hendak mudik dalam sebagian waktu. Sebelum mudik, sebaiknya Anda matikan dulu saluran air sehingga air bersih tidak terbuang sia-sia. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengosongkan segala penampung air yang ada di rumah seperti bak, ember, atau wadah penampung air lainnya untuk menghindari nyamuk bertelor sampai menjadi sarang penyakit.

Tutup Lubang Pembuangan
Kiat meninggalkan rumah saat mudik lebaran berikutnya merupakan menutup lubang pembuangan. Sebelum pergi mudik, sebaiknya bersihkan dulu tiap sudut rumah secara keseluruhan supaya rumah bersih dan tidak ada hewan pengganggu. Jangan lupa untuk tutup lubang pembuangan supaya rumah tidak disusupi hewan buas atau hewan pengerat.

Amankan Barang Berharga
Dikala mudik lebaran, rumah pasti tidak berpenghuni alias kosong. Agar barang berharga konsisten aman, titipkan barang ke orang yang anda percayai atau di daerah penitipan secara khusus dulu. Tapi sekiranya mesti meninggalkannya di rumah, usahakan barang berharga diletakkan pada daerah aman seperti brankas. Selain bisa mencegah kemungkinan dicuri, brankas juga bisa melindungi barang berharga dari petaka seperti kebakaran atau banjir.

Pasang Lampu Otomatis
Banyak orang memperbolehkan lampu teras konsisten nyala saat mudik supaya saat malam hari, suasana rumah menjadi terang seolah ada penghuninya. Tapi cara hal yang demikian cukup boros listrik, jadi solusinya bisa menerapkan lampu otomatis yang bisa mengontrol kapan lampu nyala, secara khusus pada malam hari. Lampu hal yang demikian nantinya akan mati sekiranya suasana sedang terang seperti siang hari, dan nyala sekiranya suasana gelap.

Pamit Kepada Tetangga dan Ketua RT Dikala Hendak Mudik.
yang paling penting dan mesti dijalankan merupakan berpamitan kepada tetangga atau ketua RT saat hendak mudik. Pastikan untuk menginformasikan ke tetangga dan ketua RT bahwa Anda akan mudik sebagian hari. Dengan mengabarkannya, maka tetangga secara otomatis akan ikut menjaga rumah Anda.