Game Offline di Android untuk “Ngabuburit,” Dapat Main Tanpa Online

Ngabuburit yakni tradisi atau tradisi yang melekat dengan bulan Ramadhan, untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Lazimnya, tradisi menunggu berbuka puasa ini diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekedar berkumpul bersama kerabat dan teman.

Selebih dari itu, masih banyak kegiatan yang bisa dikerjakan ketika ngabuburit, seperti bermain game. Ada banyak game yang bisa dimainkan di platform Android, sebagian di antaranya bisa dimainkan secara oflline atau tanpa koneksi dunia online.

Terraria

Terraria yakni game petualangan (adventure) yang memberikan pemain kebebasan dalam gameplay-nya.

Pemain bisa menambang, membangun rumah, menjelajahi dunia dari bioma Jungle hingga The Corruption, serta melawan bos yang tangguh bila pemain telah memiliki peralatan dan senjata yang mumpuni.

Kebebasan yang ditawarkan kurang lebih mirip dengan game Minecraft, walaupun Terraria lebih menempatkan fokusnya untuk eksplorasi dan pertarungan melawan monster.

Hal ini bisa dilihat dari 20 bioma yang bisa dijelajahi, dicontoh dengan 20 karakter Non-Playable Character (NPC) dengan fungsinya masing-masing, dan 400 musuh yang bisa dilawan.

Dalam pertarungan, pemain bisa menerapkan pelbagai senjata pedang, bom, tongkat sihir, pistol, bumerang, dan masih banyak lagi. Deretan senjata ini didapatkan melewati crafting, yakni pengerjaan mengombinasikan pelbagai macam material untuk membuat item baru.

Sebagai game sandbox, Terraria memiliki waktu spaceman main yang lama. Situs perekam waktu bermain game HowLongToBeat menampilkan bahwa pemain memerlukan kurang lebih 97,5 jam untuk menamatkan Terraria dalam mode single player, dan 77 jam dalam mode multiplayer.

Game besutan Re-Logic ini memang bisa dimainkan secara offline. Tetapi, pengguna juga diberikan pilihan untuk bermain dengan tujuh teman lainnya bila memang tertarik. Terraria bisa dibeli di toko aplikasi Google Play Store dengan harga Rp 70.000.

Perlu dicatat bahwa pemain harus memiliki perangkat yang melakukan sistem operasi (OS) Android 5.0 atau yang lebih baru.

Permainan yang menjadi game adventure berbayar terbaik kedua di Google Play Store juga memerlukan RAM minimal 2 GB dan perangkat Android keluaran 2014 atau lebih baik agar bisa dimainkan dengan mulus.